Wednesday, May 13, 2015

CLUSTER HEADACHE (CH) / SAKIT KEPALA CLUSTER




Pengertian
Cluster headache (CH) atau nyeri kepala cluster adalah suatu sindrom idiopatik (belum diketahui penyebabnya secara pasti) yang terdiri dari serangan yang jelas dan berulang . CH muncul pada salah satu sisi kepala dan sering digambarkan sebagai  rasa sakit yang tajam, menusuk atau membakar. Orang  dengan  kondisi  ini  biasanya  mengelukan bahwa  rasa sakit terasa seperti alat  pengorek  api yang  panas  pada mata  atau  bola mata  serasa  terdorong keluar.

Penyebab
Penyebab  pasti  CH belum diketahui, namun beberapa para ahli berpendapat mengenai  pemicu terjadinya  CH adalah seperti pecandu alkohol, perokok berat, ketidaknormalan  dalam hipotalamus seperti gangguan pada hormon melantonin dan kortisol serta gangguan neurotransmitter  pada saraf otak yang dapat memicu terjadinya sakit kepala ini.

Patofisiologi
Fokus patofisiologi kluster headache terletak di arteri karotis intrakavernosus yang merangsang pleksus perikarotis. Pleksus ini mendapat rangsangan dari cabang 1 dan 2 nervus trigeminus, ganglia servikalis superior/SCG (simpatetik) dan ganglia sfenopalatinum/SPG (parasimpatetik). Diperkirakan focus iritatif pada dan sekitar pleksus membawa impuls-impuls ke batang otak dan mengakibatkan rasa nyeri di daerah periorbital, retroorbital dan dahi. Hubungan polisinaptik dalam batang otak merangsang neuron-neuron dalam kolumna intermediolateral sumsum tulang belakang(simpatetik) dan nucleus salivatorius superior (parasimpatetik). Serat-serat preganglioner dari nucleus-nukleus ini membawa impuls-impuls untuk merangsang SCG (simpatetik) dan mengakibatkan sekresi keringat di dahi, serta rangsangan pada SPG (parasimpatetik) untuk sekresi air mata (lakrimasi) dan air hidung (rinorrhea).

Faktor Resiko
Laki-laki : CH lebih banyak terjadi pada laki-laki dibandingkan wanita
Orang dewasa: kasus CH sering muncul pertama kali pada usia 20-40
Perokok
Pecandu alkohol
Catatan keluarga. Jika orang tua atau saudara kandung memiliki sakit kepala cluster, anda dapat mengalami peningkatan risiko CH.

Jenis-Jenis Cluster Headache
Episodik : terjadi setiap hari selama 1 minggu sampai 1 tahun diikuti oleh remisi tanpa nyeri yang berlangsung selama beberapa minggu sampai beberapa tahun.
Kronik : terjadi setiap hari selama lebih dari 1 tahun dengan tidak ada remisi atau periode tanpa nyeri yang berlangsung kurang dari 2 minggu.

Tanda dan Gejala
Gelisah
Sakit kepala tak tertahankan pada salah satu sisi kepala dan terjadi di sekitar mata yang merambat ke
area lain di wajah, kepala leher, dan pundak
Keluar air mata secara berlebihan
Mata kemerahan serta kelopak mata layu
Lubang hidung tersumbat atau berair pada sisi kepala yang terserang
Kemerahan pada muka
Bengkak disekitar mata pada sisi wajah yang terkena
Ukuran pupil mengecil

Pemeriksaan
CH adalah suatu diagnosis klinis, pada kasuskasus yang jarang lesi struktural dapat menyerupai gejala-gejala dari cluster headache, menegaskan perlunya pemeriksaan neuroimaging. Uji yang dilakukan adalah CT-Scan dan MRI

Penanganan/Terapi
Tidak ada terapi untuk menyembuhkan cluster headache. Tujuan dari pengobatan adalah mengurangi rasa nyeri
Pengobatan simptomatik
Pemberian oksigen, injeksi sumatriptan, ergotamine atau obat anastesi local
Pengobatan Profilaksis
Pemberian antikonvulsan dan kortikosteroid
Pembedahan

Pencegahan

Karena penyebab utama dari cluster headache belum diketahui dengan pasti sehingga belum bisa mencegah terjadinya serangan pertama. Namun kita dapat mencegah sakit kepala ulangan yang lebih berat, ialah dengan menghindari nikotin dan alcohol yang sering memicu terjadinya serangan cluster headache.

CLUSTER HEADACHE (CH) / SAKIT KEPALA CLUSTER Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment